Rabu, 19 November 2008

Kerajinan Tangan dari Wonosobo

Kabupaten Wonosobo memiliki cukup banyak kerajinan tangan tertama yang berbahan baku tumbuhan seperti kayu, bambu, buah dan lain-lain maupun hasil alam dari sana. beberapa diantaranya adalah


ANYAMAN BAMBU

Anyaman bambu dari Kabupaten Wonosobo erkenal di sekitar regional Kedu (eks-karesidenan kedu). Memanfaatkan bambu-bambu hitam maupun bambu hijau sebagai salah satu organem dengan membuat anyaman-anyaman untuk hiasan dinding dan sebagainya, anyaman yang terkenal adalah "truntum" meskipun banyakpula motif anyaman-anyaman lain di Kabupaten Wonosobo ini. Selain itu, juga berkembang kerajinan bambu berupa meubel-meubel dari bambu hitam. Disamping kemudahan mendapatkan, bahan baku bambu hitam ini dirasa masih melimpah di Kabupaten Wonosobo. Anyaman bambu dari Kabupaten Wonosobo ini banyak digunakan sebagai salah satu hiasan dinding, pagar dan hiasan untuk tiang-tiang penyangga rumah. Pesanan biasanya datang dari hotel-hotel maupun restoran-restoran dari Kabupaten Wonosobo sendiri maupun dari Purworejo dan Magelang. Permintaan pasar terhadap anyaman bambu dari Kabupaten Wonosobo ini cukup tinggi. Biasanya untuk hiasan dinding. Namun dalam perkembangannya para pengrajin tidak hanya membuat anyaman bambu untuk kebutuhan hiasan dinding tetapi juga telah membuat beberapa inovasi baru berupa lampu hiasan, keranjang koran dan lain-lain.


KERAJINAN DARI KERANG

Kerajinan dari kerang juga berkembang di Kabupaten Wonosobo. Meskipun produksinya tidak sebesar para pengrajin dari Kabupaten Cilacap dan Kebumen namun eksistensinya cukup meyakinkan. Para pengrajin kerang di Kabupaten Wonosobo mendapatkan bahan baku dari Kabupaten Purworejo, Cilacap dan Kebumen. Biasanya para pengrajin memilah-milah bahan baku seperti untuk kerang jenis tertentu didatangkan dai Kabupaten Cilacap sedangkan untuk jenis yang lain didatangkan dari Kabupaten lain. Hasil kerajinan kerang ini cukup banyak. Motifnya banyak memiliki persamaan dengan para pengrajin dari Kabupaten Cilacap dan Magelang. Pemasaran kerajinan kerang ini sebatas kabupaten Wonosobo, Purworejo dan Kabupaten Magelang.


MAINAN ANAK-ANAK

Mainan anak-anak ini berbahan baku kayu. Produk-produk yang dihasilkan berupa mobil-mobilan, miniatur sepeda motor dan lain-lain. Bahan baku banyak didapatkan masyarakat dari industri-industri pengolahan kayu. Pemasaran mainan anak-anak ini untuk memenuhi pasar lokal (Kabupaten Wonosobo) dan kabupaten lain disekitarnya.

(sumber : http://www.solo-kedu.com/solo-kedu/Wilayah/krajinan_wonosobo.htm#atas)

1 komentar:

Anwar mengatakan...

Minta alamat lengkap Om